Mesin Cacah Plastik Solusi Daur Ulang Limbah Plastik

Posted by jenggot kambing on Tuesday, August 2, 2016



Mesin Cacah Plastik Daur Ulang Sampah Plastik


Mesin Cacah Plastik atau Mesin Penghancur Plastik adalah suatu mesin yang berguna dalam proses pengolahan limbah sampah plastik. Harga mesin cacah plastik cukup mahal namun demi menyelesaikan masalah limbah plastik yang menjadi problem oleh karena itu alat ini di perlukan. problem sampah plastik yang meningkat tiap harinya menuai banyak problema yang merugikan masyarakat. Dalam mengolah sampah plastik diperlukan upaya pengolahan menjadi benda yang memiliki nilai jual tinggi. Penggunaan mesin penghancur plastik menjadi tahap pertama dalam mengolah limbah plastik.





Mesin cacah plastik digunakan untuk menghancurkan, merajang maupun menggiling sampah plastik menjadi bentuk ukuran kecil atau dikenal dengan sebutan biji plastik. Penggunaan mesin cacah plastik memiliki peranan penting untuk menjaga kebersihan lingkungan akibat sampah plastik yang sulit untuk diuraikan. Hal tersebut sering mengakibatkan berbagai kerugian di masyarakat.

Cara terbaik sangat pas bila menggunakan mesin cacah plastik sebagai mesin untuk peningkat nilai ekonomis serta daya guna dari sampah plastik. Aplikasi mesin cacah  plastik sangat cocok digunakan dalam menghancurkan berbagai limbah plastik dari gelas plastik, botol mineral, botol oli, ember plastik dan tempat atau wadah dari bahan plastik yang lainnya.

Bahan plastik yang telah di hancurkan tersebut bisa diolah menjadi biji plastik yang kemudian diolah kembali menjadi produk baru yang lebih ekonomis. sebagai salah satu alat daur ulang limbah plastik mesin tersebut sangat memudahkan pengusaha atau lembaga masyarakat menyelesaikan limbah plastik yang sulit di uraikan oleh tanah.

Manfaat Mesin Penghancur Limbah Plastik :

Tahap pengolahan limbah plastik menjadi biji plastik diawali dengan tahap mencacah berbagai jenis limbah plastik menjadi ukuran kecil-kecil. Mesin cacah plastik merupakan salah satu mesin yang paling dibutuhkan oleh pelaku usaha yang bergerak di bidang daur ulang plastik.

Sesudah tahap pencacahan limbah plastik, selanjutnya hasil cacahan plastik dicuci dan dibersihkan. Proses pencucian limbah plastik yang sudah dicacah menggunakan mesin pencuci plastik atau menggunakan bak pencucian. Tahap selanjutnya adalah mengeringkan cacahan plastik yang sudah dicuci. Setelah cacahan plastik kering, Untuk menghemat biaya transportasi selanjutnya hasil cacahan yang sudah kering dipress dan dipacking.

Sebelum dimasukkan ke dalam mesin cacah plastik, setiap jenis plastik harus dikelompokkan menurut jenis dan warnanya serta dibersihkan dari material-material lain yang melekat pada setiap jenis plastik tersebut seperti label plastik, stiker, tutup botol dan sejenisnya.



Cara Kerja Mesin Penghancur Limbah Plastik :


  • Hidupkan atau nyalakan penggerak atau diesel mesin penghancur limbah plastik
  • Selanjutnya memasukkan bahan baku plastik yang sebelumnya sudah dikelompokkan atau dipisah menurut jenisnya ke dalam hopper atau corong input mesin penghancur limbah plastik
  • Kemudian limbah plastik dicacah dengan pisau yang terdapat dalam tabung mesin penghancur limbah plastik
  • Setelah bahan baku limbah plastik dicacah menjadi ukuran kecil-kecil, kemudian hasil cacahan limbah plastik diarahkan ke corong pengeluaran atau output mesin penghancur limbah plastik
  • Selanjutnya menyiapkan wadah penampung hasil cacahan limbah plastik pada corong pengeluaran mesin supaya hasil output mesin penghancur limbah plastik mudah diambil.



Demikian pembahasannya tentang mesin cacah plastik yang bermanfaat dalam pengolahan limbah plastik yang menjadi masalah karena tidak bisa terurai oleh tanah dan mesin tersebut menjadi salah satu solusi masalah daur ulang limbah atau sampah plastik. Semoga bermanfaat.

{ 0 comments... read them below or add one }