Froyo Buatan Sendiri Es Krim Sederhana Dibekukan Dengan Frezer

Posted by jenggot kambing on Tuesday, May 17, 2016



Buat Froyo Sendiri


Bila kuliner dingin tersebut selembut serta selezat strawberry frozen yogurt yang biasa kita lihat di mall. Pembuatannya tentu menggunakan mesin es krim seperti yang satu ini. Walau pembuatannya hanya dengan freezer cukup enak juga rasanya siapa yg mampu menolaknya? Hm, mungkin anda akan menghindar atau memilih makanan hangat lainnya, namun terus jelas semenjak membuatnya minggu kemudian maka hari-hari saya selalu dilewati menggunakan menyantap minimal satu cup kecil yogurt beku menggunakan cincangan strawberry yg manis ini. 



Umumnya, sepulang tempat kerja saya akan duduk di sofa melepas lelah, mendengarkan cerita serta kegiatan heni seharian itu sembari menyaksikan film india kegemarannya. Umumnya selalu ditemani dengan sepiring nasi hangat plus dengan aneka sayur atau lauk pauk yg dimasak asisten rumah saya tadi. Umumnya menyantap dessert alias pencuci mulut selesai makan besar  bukan adalah norma aku . Tetapi semenjak berhasil membentuk yogurt beku sendiri serta hasilnya luar biasa memuaskan menghasilkan aktifitas aku  setiap malam menjadi bertambah.

Frozen yogurt sempat booming beberapa waktu yang lampau, dimulai berasal 'sour sally' yang membuka konter pada aneka macam mall, yg lalu menggunakan cepat diikuti menggunakan aneka merk lainnya. Banyak rekan saya yg membicarakannya serta seakan-akan frozen yogurt sebagai ekspresi dominan tersendiri yg kudu wajib  diikuti. Seiring menggunakan waktu, maka semarak yogurt beku ini pun menjadi berkurang. Jika dulu antrian tampak tidak mengecewakan panjang pada depan konter penjual maka kini   terlihat sepi-sepi saja. Entah sebab orang mulai merasa bosan atau mungkin rasa ingin tahu akan kuliner ini sudah terpuaskan, yang jelas sudah sporadis sekali gaungnya terdengar.

Biasanya frozen yogurt yg dijual di kios mempunyai tekstur lembut mirip seperti ice cream cone yang banyak dijual di restoran cepat saji. Cita rasanya sedikit asam. Buat membuatnya lebih menarik dan  tidak terlihat plain maka rajangan buah atau aneka pelengkap lainnya mirip chocolate chips, permen bersalut gula, meses rona-warni serta aneka jelly ditaburkan pada permukaannya. Harganya terbilang tidak mengecewakan mahal hanya buat satu cup yogurt beku yg Jika kita buat sendiri di tempat tinggal   akan jauh lebih murah biayanya.

Jika anda pernah membaca resep homemade ice cream mangga yg pernah aku  posting sebelumnya, maka proses pembuatan frozen yogurt ini pun hampir sama. Bila pada ice cream mangga saya menggunakan krim kental yg dikocok sampai kaku serta dicampurkan dengan Susu Kental Manis dan  aneka butir, maka di yogurt beku ini aku  menggunakan yogurt plain (tanpa rasa) yang saya mikser beserta dengan SKM sampai lembut. Menjadi perasa maka saya memakai cincangan kasar butir strawberry yang asam. Hasilnya benar-benar fantastic! Rasa asam anggun yogurt bercampur menggunakan SKM, sangat pas bersanding dengan strawberry yang asam membentuk kuliner ini sama sekali tidak menghasilkan 'eneg' walaupun disantap pada porsi poly. Tampaknya butir dengan rasa asam atau asam sedikit manis sangat tepat buat berkolaborasi dengan yogurt dan  Susu Kental Manis.

Anda bisa menggunakan butir lainnya misalnya saja raspberry serta nanas. Saran aku  pakai buah yang tidak hanya melulu rasa anggun yang mendominasi. Atau anda bisa juga membentuk rasa coklat dengan menggunakan Susu Kental Manis rasa coklat plus choco chips sebagai campurannya,  frozen yogurt yang anda hasilkan akan yummy cita rasanya. Gunakan yogurt yg memiliki tekstur yang padat, terlalu poly air di pada yogurt akan membentuk frozen yogurt anda keras karena air di pada yogurt akan berubah menjadi es batu saat dibekukan. Bila anda tinggal pada luar negeri, dimana greek yogurt banyak diperjual belikan dengan harga yang murah, maka pakai yogurt jenis tersebut. Greek yogurt mempunyai tekstur padat serta super creamy yang akan menghasilkan frozen yogurt menjadi lebih mantap. Sayangnya di indonesia, yogurt jenis ini sangat mahal harganya dan  hanya terdapat pada supermarket eksklusif saja.

Jika anda merasa yogurt yang anda beli di pasar swalayan, atau homemade yogurt yang anda buat sendiri terlalu lembek, banyak mengandung air, maka terdapat satu cara buat membuatnya lebih padat yaitu dengan menyaringnya. Caranya relatif mudah, pakai sehelai kain putih yang super tipis, letakkan di bagian atas saringan dawai dan  tuangkan yogurt ke bagian atas kain. Simpulkan ujung kain serta letakkan saringan kawat ini pada sebuah mangkuk, simpan di kulkas selama semalam. Keesokan paginya, sebagian akbar air akan mengalir keluar dan  meninggalkan yogurt yang lebih padat teksturnya.  

Buat proses pembuatan frozen yogurt ini sangat mudah. Saya menggunakan mikser buat mengocok yogurt serta SKM. Tujuannya buat membentuk tensturnya menjadi smooth, bebas gumpalan serta tercampur merata. Anda mungkin mampu jua memakai blender buat proses ini. Strawberry yg telah dicincang kasar (aku  menggunakan chopper buat mencincangnya) lantas dicampurkan ke dalam kocokan yogurt serta SKM. Bila anda merasa strawberry yang anda pakai terlalu asam rasanya maka selesainya butir dicincang, tambahkan lebih kurang dua - tiga sdm gula pasir serta sisihkan selama beberapa mnt. Baru kemudian strawberry dan  air buahnya mampu dicampurkan ke dalam yogurt. Saya sendiri tidak melakukannya sebab dari aku Susu Kental Manis pada pada yogurt cukup menetralisir rasa asam butir strawberry.

Satu hal yang perlu saya tekankan kala anda menghasilkan frozen yogurt sendiri di tempat tinggal   merupakan testurnya yg keras kala baru saja keluar berasal freezer. Jangan pernah membayangkan bahwa yogurt beku ini akan sama mirip yg anda beli pada konter. Penjual frozen yogurt memiliki mesin khusus yang akan menjaga yogurt permanen smooth dan  tidak keras sebagai akibatnya simpel mengalir keluar dari dalam mesin waktu tombol ditekan. Nah agar praktis menyendokkan yogurt yang sudah beku ini maka pisahkan sejenak pada suhu ruang sampai teksturnya menjadi sedikit lunak baru sendokkan yogurt menggunakan ice cream scoop atau sendok. Bila anda merendam sebentar ice cream scoop atau sendok stainless steel ini ke dalam air panas sebelum digunakan maka itu akan lebih memudahkan anda buat mengeruk yogurt yg keras serta beku ini.

Buat teksturnya cukup lembut, serta jauh lebih lembut dibandingkan sorbet butir yang beberapa resepnya pernah saya posting di jtt.  Frozen yogurt ini tahan sampai satu bulan lamanya pada dalam freezer serta anda bahkan jua mampu memasukkannya ke dalam kantung-kantung plastik kecil yang akan memudahkan si kecil buat menyantapnya. Berikut resep dan  prosesnya ya.

Strawberry frozen yogurt
Bahan:

  • dua kotak strawberry, sekitar 40 - 50 butir berukuran mungil, cincang kasar
  • 1 kaleng Susu Kental Manis
  • 1 pack plain yogurt (500 mililiter), saya menggunakan brand biokul


Proses Membuat:

  • Siapkan butir strawberry, cuci higienis serta buang tangkai serta daun buahnya. Cincang kasar. Aku  memakai chopper buat mencincangnya, anda mampu pula memakai  food processor.
  • Siapkan mangkuk mikser, masukkan yogurt, aduk hingga smooth saja. Masukkan SKM dan  lanjutkan mengocok hingga tercampur baik.  Matikan aduk-aduk.
  • Masukkan strawberry cincang, aduk rata sampai homogen menggunakan memakai spatula. Masukkan yogurt ke dalam wadah tertutup kedap serta bekukan di freezer selama semalam.


Note: anda juga bisa memasukkan yogurt ke pada kantung-kantung plastik kecil atau cetakan popsicle.

Keluarkan yogurt asal kulkas Jika telah beku, letakkan sejenak pada suhu ruang hingga sedikit lunak serta simpel disendokkan. Super lezat!

{ 0 comments... read them below or add one }