Memilih Studio Mixing Atau Studio Acoustic

Posted by sabuk item on Wednesday, May 6, 2009

Buat yang berencana untuk mencari studio rekaman musik, Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan dan lakukan agar tidak salah dalam memilih studio rekaman :

1. Mendata studio


Kumpulkan semua data lengkap tentang
studio rekaman lagu, Ada beberapa cara untuk mengumpulkan studio rekaman musik. Pertama, lewat iklan di majalah, khususnya majalah musik bisa juga toko musik / toko alat musik terdekat atau bisa juga dengan mencari di internet ( pada umumnya yang berpromosi adalah studio-studio rekaman lagu yang besar saja, sementara studio kecil tetapi layak, kadang tidak mempunyai cukup dana untuk berpromosi lewat iklan) atau bisa juga menurut refrensi dari teman2 loe sesama musisi yang lebih dulu rekaman.


2. Cek perlengkapan musik yang ada di dalam studio


Apabila datang ke sebuah
studio rekaman, jangan terlalu “silau” dengan peralatan canggih yang dimiliki oleh sebuah studio rekaman musik. Bukan hanya peralatannya, tetapi keadaan ruangan operator sebuah studio rekaman lagu, selain memperhatikan alat musik dan sound sistem rekaman musiknya agar tidak kecewa dalam hasil rekamannya.


Belum lagi desain ruangan juga bisa memengaruhi hasil rekaman. Berikut beberapa tips dalam memilih ruangan studio rekaman.


- Sebisa mungkin hindari ruangan berbentuk persegi karena ruangan seperti ini kualitas akustik
rekaman lagunya kurang baik.

- Ukuran ruangan jangan kurang dari 40 meter persegi. Ukuran ruangan kurang dari itu kualitas akustiknya kurang baik.

- Ketinggian plafon jangan kurang dari 10 meter untuk menghindari pantulan suara yang berlebihan.


3. Contoh rekaman


Setelah menemukan
studio rekaman Jakarta dengan peralatan dan tata ruang yang baik. Cobalah meminta contoh rekaman yang pernah dibuat oleh studio tersebut. Lebih bagus lagi apabila contoh rekaman yang mereka buat punya warna musik yang sama dengan genre musik yang band anda mainkan.


4. Mengenal operator rekaman


Operator rekaman sama pentingnya dengan peralatan rekam yang mahal dan canggih. Karena tanpa operator rekaman yang andal, maka peralatan rekam secanggih apa pun akan menjadi percuma aja. Dari hasil contoh rekaman milik
studio rekaman Jakarta, kita bisa mengetahui seperti apa kualitas operator rekaman yang dimilikinya.


5. Harga sewa


Terakhir, setelah mengecek secara keseluruhan, cobalah periksa lagi secara teliti harga sewa studio
rekaman Jakarta. Jangan sampai ada poin yang terlewat karena bisa saja anda mendapatkan tambahan biaya yang karena belum termasuk dalam paket sewanya. Tanyakan secara detail studio rekaman Jakarta apakah instrumen musik, pita rekam, penyimpanan data komputer, sampai keping CD termasuk dalam harga paket rekamannya



http://www.batamindie.com



Temukan berbagai informasi lainnya mengenai
Studio Rekaman - Studio Rekaman Musik - Studio Rekaman Lagu - Studio Rekaman Jakarta - Rekaman Musik - Rekaman Lagu - Rekaman Jakarta hanya di Studio Rekaman: Studio Rekaman Musik & Studio Rekaman Lagu Jakarta 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }