Tantangan & Tips Cetak UV

Posted by malamjumat on Wednesday, February 18, 2009

Memeriksa UV Kering atau Tidak?
Tahap pertama untuk memulai pengujian kualitas adalah menilai apakah lapisan UV sudah kering dan matang. Bisa jadi saat dipegang permukaan atas lapisan sudah kering, tapi didalamnya belum. Pengujian menggunakan masking tape dan menggoreskan permukaan dengan kuku merupakan pengujian awal. Disamping perlu anda konsultasikan dengan supplier mesin cetak, tinta UV dan alat pengering UV untuk memastikan bagaimana criteria lanjutan terbaik bagi jenis produck dan alat yang mereka suplai.

Membuat rencana bisnis yang solid sangat perlu dan kritis, sebab investasi tambahan disbanding dengan cetak konvensional bisa berbeda lebih mahal sekitar $300.000 (tiga ratus ribu US dollar). Oleh karenanya memastikan bahwa ada pasar yang bisa menyerap atau membeli produk dan jasa perlu dipelajari dan disurvei terlebih dahulu. Disamping itu perlu dilakukan pelatihan tidak saja kepada staf produksi namun juga kepada tenaga pemasaran dan penjualan, supaya mereka yang diujung tombak bisnis cetak anda sangat mengerti nilai dari produk dan jasa yang dijual kepada pelanggan. Misalnya ingin cetak untuk promosi media, cetak media, dsb

Kerjasama Erat dengan Suplier

Tantangan lanjutan adalah bekerja sama dengan supplier anda mengembankan formula tinta, coating UV untuk mencapai hasil maksimal dengan jenis pekerjaan yang anda punyai.
Ungkapkan secara detil material yang anda gunakan lengkap dengan spesifikasinya, mengingat jenis palstik material yang digunakan dalam cetak UV sangat beragam. Minta supplier anda untuk membuat material yang sesuai, supaya hasil cetak (cetak warna, cetak media, cetak kartu, dsb) yang diharapkan bisa mengikuti standar pelanggan tetapkan. Diskusikan diantaranya kemapuan pengeringan, kekentalan dan densitas tinta, coating UV, propeti laminasi, kemampuan cetak mesin baik dari sisi dot gain maupun distorsi dan lain sebagainya.

Selesaikan Pekerjaan Rumah Anda Sendiri

Pelajari dengan mendalam tinta mana yang paling efektif dengan setiap jenis material cetak yang tersedia, berapa banyak energi UV yang harus digunakan untuk mencapai kekeringan dan kematangan tinta dan lapisan, perkirakan rentang operasi dari mesin cetak baru anda untuk melakukan pengaturan setting (misalnya printing warna, printing calendar, dll).
Saat memutuskan operator terbaik menjalankan mesin cetak, pertimbangkan criteria kesabaran dan kegigihan yang bersangkutan dalam memecahkan suatu persoalan. Kedua criteria ini akan terbukti sama penting dan berharganya atas pengalaman dan skill.

Pangsa Pasar Baru

Bila anda perusahaan cetak yang bergelut dengan cetak konvensional, dengan memiliki cetak UV, maka anda seperti masuk ke gelanggang bisnis yang baru sama sekali. Otomatis anda akan mampu mencetak material plastik dan masuk ke industri packaging termasuk juga bisnis poster display. Anda bisa bayangkan bisa mempunyai bisnis mulai dari cetak grafis lantai yang banyak di supermarket sampai dengan spesial boks. Jenis pelanggan bisa dari agent iklan sampai dengan pabrik manufaktur.
Ada banyak aplikasi yang bisa dicapai dari cetak UV, seperti kebutuhan kedalaman cetak diatas multi-lapisan bening palstik, tinta yang tidak nampak bila dilihat dengan sinar biasa, tinta fluorescent dan glow dan sekaligus aplikasi security dengan tingkat grafik guilloche definisi yang tinggi (yaitu; efek cetak yang terdiri dari garis-garis kurva yang melintang satu sama lain dengan pola yang kompleks, biasa ditemukan pada percetak uang). Hal-hal yang dicetak seperti Cetak Kartu, Cetak Media, Cetak Promosi, dsb.

Standarisasi Material

Untuk mengurangi biaya waktu dan pengulangan pekerjaan, perlu anda tetapkan standarisasi material dan semakin sedikit jumlah material juga lebih efisien dari biaya. Misalnya untuk printing colours/printing warna (cetak warna), dsb. Misalnya juga untuk material plastik tetapkan standar tingkat dyne yang tertentu dan tinggi untuk memastikan tidak adanya masalah tidak melekatnya tinta atau coating diatas plastik, apalagi bila anda mempunyai cetak UV hybrid yang sering gonta-ganti dari konvensional ke UV. Pastikan pula menguji setiap material yang diterima dari supplier tingkat dyne dan adhesi tinta.
Dengan kepastian material diatas, anda dapat dengan yakin dan memaksimalkan kelebihan cetak UV dari sisi turnaround. Karena bila material yang jelek digunakan akan menyebabkan anda tidak bisa memanfaatkan ketepatan perencanaan produksi. Dengan perencanaan produksi yang bagus dan tanpa masalah, anda secara terus menerus akan meningkatkan produktifitas mesin cetak dan sekaligus bisnis anda.

www.kertasgrafis.com

Temukan informasi lainnya mengenai Printing Colours, Printing Calendar, Printing Warna, Cetak Warna, Cetak Kartu, Cetak Media, Cetak Promosi, Promosi Media hanya di Printing Colours & Calendar : Cetak Warna & Kartu - Promosi Media Kebon Jeruk Jakarta Barat pada 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }