Bagaimana Memilih Restoran Yang Halal?

Posted by malamjumat on Monday, February 23, 2009

Dalam memilih mana restoran atau rumah makan yang menyajikan makanan yang kehalalannya terjamin di Indonesia memang agak repot. Mengingat jenis restoran yang ada sangat banyak dan bervariasi. Apakah itu restoran tradisional / rumah makan tradisional maupun yang modern, mulai warung tegal, warung tenda, restoran kecil, restoran besar, restoran fast food, dll. Walaupun demikian, ada beberapa saran yang dapat dijadikan pegangan yaitu:


1. Pilihlah restoran / rumah makan yang telah mendapatkan sertifikat halal. Restoran yang telah mendapatkan sertifikat halal sudah tidak perlu diragukan lagi kehalalan menu makanan dan minuman yang disajikannya.


2. Jika kita tidak membawa daftar restoran halal maka pada waktu masuk ke restoran yang kita ragu atas kehalalan aneka menu makanan dan minuman yang disajikan maka tanyakanlah sertifikat halal yang dimiliki oleh restoran tersebut secara sopan. Jangan terkecoh dengan adanya label atau tanda halal yang ada di restoran itu karena seperti telah dijelaskan sebelumnya, tidak selalu benar apa yang dinyatakan oleh restoran tersebut. Jika kita ragu terhadap kehalalan menu makanan dan minuman yang disajikan oleh restoran yang tidak memiliki sertifikat halal maka harus kita hindari restoran tersebut.


3. Hindari restoran yang menyajikan aneka menu masakan yang secara umum diragukan kehalalannya seperti telah dijelaskan sebelumnya, kecuali restoran tersebut telah mendapatkan sertifikat halal dari yang berwenang.


4. Tidak ada salahnya bertanya secara sopan dan baik untuk memastikan bahwa restoran yang kita datangi tidak menyajikan masakan yang diragukan kehalalannya. Sebagai contoh, kita dapat bertanya apakah dalam pembuatan aneka menu masakan di restoran ini menggunakan ang ciu? jika jawabannya ya maka kita katakan terima kasih, maaf saya tak jadi makan di tempat ini, ada keperluan lain, lalu kita meninggalkan restoran tersebut. Walaupun di sana terdapat menu makanan murah.


5. Hindari restoran yang menyajikan masakan yang jelas-jelas haram seperti produk babi dan minuman keras. Jangan karena di suatu tempat menyediakan makanan murah langsung menjatuhkan pilihan ke sana. Jangan pula makan di restoran yang menyajikan masakan halal bercampur dengan masakan haram seperti produk babi atau minuman keras. Tidak ada jaminan bahwa masakan yang disajikan tidak bercampur dalam pembuatannya dengan masakan yang haram. Dalam hal minuman keras, kita diperintahkan untuk menghindari tempat dimana minuman keras disajikan. Ingat: makanan murah dan enak bukan segalanya.


www.arafahgroup.com


Temukan informasi lainnya mengenai Restoran Tradisional, Rumah Makan, Rumah Makan Tradisional, Menu Makanan, Aneka Menu Makanan, Menu Makanan Murah, Aneka Menu, Makanan Murah hanya di Rumah Makan & Restoran Tradisional : Aneka Menu Makanan Murah Jakarta pada 88db.com

{ 1 comments... read them below or add one }

Rozita said...

Assalamualaikum.
Cuba layari http://www.gohalaltravel.com Ada banyak panduan restoran halal untuk Muslim yang berkunjung ke Bali
Rozita