Tips & Trik Merawat Sepatu

Posted by malamjumat on Tuesday, December 30, 2008

Sepatu adalah salah satu item dalam fashion yang tidak akan luput dari perhatian orang. Sepatu pun berhak mendapatkan perawatan secara benar. Tips sederhana di bawah ini akan membuat sepatu Anda akan bertahan lebih lama dan terjaga keindahannya.

Jika produk sepatu Anda terbuat dari bahan kulit, simpanlah sepatu di tempat yang kering dan tidak lembab. Hindari menjemur sepatu di bawah terik matahari langsung. Angin-anginkan saja agar sepatu tidak lembab dan berjamur. Jangan mengelap sepatu kulit dengan menggunakan air. Gunakan bahan lembut untuk mengelap produk sepatu tsb.

Untuk model sepatu dari bahan suede sebenarnya hampir sama dengan bahan kulit tapi model sepatu dari bahan ini dapt dibersihkan dengan cara menyikat akan tetapi memakai sikat khusus yang lembut atau juga dengan pembersih semprot khusus untuk bahan suede, misalnya leather cleaner.

Setelah dibersihkan cukup diangin-anginkan saja dan biarkan sepatu dalam beberapa menit agar kering dan bisa di simpan di kotak sepatu yang diberi gel silica, tetapi gel ini harus di ganti dengan yang baru setiap 2 minggu sekali.

Khusus untuk koleksi sepatu berwarna putih, dapat di lap dengan menggunakan odol putih hingga merata agar kulit sepatu tidak pecah-pecah dan lebih awet.

Gunakan ganjalan dalam sepatu untuk menjaga bentuk, Anda dapat membelinya di toko/tempat jual sepatu maupun jual sandal atau di supermarket, kalau tidak punya Anda bisa saja menggunakan potongan kertas koran yang sudah Anda bentuk sesuai dengan bentuk muka sepatu.

Untuk mencegah agar koleksi sepatu tidak berbau, jangan memakai sepatu dengan kondisi kaki yang sedang basah, hal ini dapat menyebabkan bakteri berkembang dan akhirnya sepatu Anda menjadi berbau tidak sedap.

Bagi Anda yang mempunyai masalah kaki yang selalu berkeringat, sebaiknya bersihkan dan keringkan kaki Anda sebelum menggunakan sepatu.

Untuk pertahan ganda, gunakan obat khusus berupa semprotan pewangi atau foot spray yang dapat dibeli di toko/tempat jual sepatu maupun tempat jual sandal pada bagian dalam sepatu, setelah itu jangan langsung di pakai, segera angin-angikan agar kering.

Adapula bahan pelindung seperti protector buatan Desco dan juga yang lain, bahan ini sekaligus melindungi sepatu agar kedap air. Jika ada tutupi bagian plastik (sol misalnya). Ada juga bahan paraffin / wax khusus sepatu untuk menutup bagian jahitan antara badan sepatu dengan sol supaya tidak bocor.

Kalau bagian sepatu ada yang lepas, rekat kembali dengan lem super atau aica aibon. Hal yang lebih baik dilakukan oleh pembuat sepatunya karena kadang pembuat sepatu tidak memakai lem perekat yang sama begitu juga mutunya.

www.indoforum.org

Temukan Produk Sepatu, Model Sepatu, Jual Sepatu, Jual Sandal, Koleksi Sepatu Wanita hanya di Produk & Model Sepatu: Jual Sepatu & Sandal - Koleksi Sepatu Wanita 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }