Tips Mendapatkan Hotel yang Terbaik

Posted by malamjumat on Monday, December 15, 2008

Saat berkunjung ke luar kota, pada umumnya tempat tinggal yang dituju adalah hotel, dibandingkan dengan losmen ataupun motel. Tetapi, apakah hotel yang Anda pilih itu memang yang paling sesuai dengan keinginan, atau hanya sekedar numpang tidur saja? Ikuti beberapa tips untuk membuat reservasi hotel / hotel reservation.

  • Hubungi Travel Agent anda. Travel Agent pasti memiliki harga atau promosi yang menarik untuk suatu hotel. Mintalah penjelasan tentang kondisi hotel dan saran-saran hotel lain yang lebih baik.
  • Travel Agent memiliki data yang lengkap tentang hotel dan akomodasi yang lain dan yang terpenting status kamar. Anda tidak ingin datang dan ditolak karena kamarnya penuh kan ?
  • Belilah buku panduan tentang kota tujuan, terutama jika Anda tak terlalu kenal daerahnya. Baca bagian penginapan dan daerah seputar penginapan yang banyak pilihan akomodasinya. Anda juga bisa melakukan booking hotel sebelumnya.
  • Rencanakan tanggal kedatangan dan kepergian. Jika mungkin, pilihlah waktu 'non-liburan', karena saat high season, tempat penginapan sering menaikkan harga, serta tidak sedikit yang menambahkan surcharge khusus untuk high season. Akan lebih baik jika melakukan booking hotel terlebih dahulu. Anda bisa memanfaatkan jasa booking hotel online seiring dengan kemajuan teknologi.
  • Pilihan daerah tempat menginap biasanya tergantung dari aktifitas yang akan Anda kerjakan, baik itu untuk bisnis atau sekedar bertamasya ria atau untuk mendalami seni dan budaya.
  • Cari dan pilihlah dua atau tiga hotel yang masuk di dalam budget Anda.
    Teleponlah masing-masing hotel clan informasikan tanggal kedatangan clan kepergian Anda, serta requirement dari kamar yang Anda inginkan. Tanyakan harga kamar dan paket-paket untuk keluarga, seperti harga atau program khusus untuk anak-anak, bagaimana reservasi hotel, serta deal lainnya.
  • Tanyakan layanan apa saja yang Anda dapatkan dari harga kamar tersebut. Apakah termasuk breakfast? Afternoon tea? Antar-jemput dari clan ke bandara? Hotel lounge? Dll.
  • Tanyakan juga tentang perangkatperangkat ekstra yang mungkin penting untuk Anda, seperti: lemari es, hair dryer, seterika, gym, resto dalam area hotel, kolam renang, video atau DVD player, penyewaan film, akses kursi roda maupun akomodasi petfriendly.
  • Berikan informasi kepada operator hotel tentang diskon atau bonus yang mungkin didapatkan dari harga kamar tersebut. Ini bisa termasuk keanggotaan klab tertentu, atau nasabah bank, anggota frequent flyer dari maskapai penerbangan dan lain sebagainya. Pastikan bonus-bonus ini sudah termasuk dalam hitungan final dari harga kamar.
  • Buatlah daftar perbandingan antara harga dan layanan dari pilihan-pilihan hotel yang sudah Anda siapkan. Dan ingat untuk meminta kamar yang bebas rokok atau tidak.
  • Catat hotel reservation code-nya untuk kemudian diberikan kepada staf front office saat check-in.
  • Cari tahu tentang cancellation policy dari hotel tersebut. Setiap hotel punya aturan yang berbeda. Dan bila Anda membatalkan tanpa memberitahu pihak hotel dalam waktu yang ditentukan, Anda akan di-charge seharga satu malam.

http://liburan.info

Temukan Hotel Lounge, Hotel Reservation, Reservasi Hotel, Booking Hotel, Booking Hotel Online Jakarta hanya di Hotel Lounge & Reservation: Reservasi & Booking Hotel Online Jakarta 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }